fbpx

Belum bisa bahasa Arab dapet Beasiswa di Madinah! Tapi ini syaratnya…

Banyak dari pelajar muslim Indonesia yang menginginkan untuk bisa belajar di kota suci Madinah, selain untuk bisa mendapatkan banyak keutamaan untuk bisa belajar & menunaikan solat di Masjid Nabawi, belajar di kota Madinah juga merupakan lingkungan yang konstruktif bagi penuntut ilmu untuk bisa berkembang.

Tapi, untuk bisa memahami & memudahkan kita menuntut ilmu di Madinah, tentunya kita harus menguasai bahasa Arab dengan baik, karena semua yang disampaikan di Universitas & majelis ilmu dengan bahasa Arab, kecuali untuk mereka yang menempuh jurusan umum di Universitas. (Baca juga 5 Fakultas Populer Di UIM)

Bukan suatu halangan bagi setiap pelajar untuk tetap bisa menuntut ilmu Agama di Madinah walaupun dia belum bisa bahasa Arab, karena Universitas Islam Madinah mengerti bahwa di luar sana banyak pelajar yang memiliki keinginan kuat untuk belajar Agama sementara dia belum memiliki kapasitas yang cukup dalam bahasa Arab.

Universitas Islam Madinah menyediakan kelas khusus persiapan bahasa Arab untuk mereka yang belum mampu berbahasa Arab dengan baik, nantinya peserta akan mengikuti pembelajaran bersama mahasiswa asing lainnya, hingg dia mampu berbicara bahasa Arab dengan baik.

Pertanyaan besar adalah: ‘Bagaimana caranya, agar kita bisa mengikuti kelas persiapan bahasa dari Universitas Islam Madinah?’

Pertama, kelas persiapan bahasa ini disediakan khusus untuk mereka yang lolos seleksi beasiswa, artinya si pelajar sudah dinyatakan diterima & mendapatkan beasiswa Universitas Islam Madinah dari Kementerian Pendidikan, Saudi Arabia.

Ada hal yang sangat penting untuk kamu ketahui di sini:

  1. Jika kamu masih SMA/setaraf, ditekankan untuk kamu untuk meraih nilai rata-rata minimal 90 dari 100, apa pun jurusan kamu, tunjukan bahwa kamu memang pelajar yang bersungguh-sungguh dalam pelajaran.
  2. Jika kamu sudah lulus SMA/setaraf, tidak masalah nilai rata-rata kamu di atas 90 atau di bawah 90, namun kamu harus pastikan bahwa berkas & persyaratan pengajuan beasiswa harus benar dan harus tepat. Berkas harus sesuai yang diinginkan Universitas dan proses uploadingnya pun harus tepat.
  3. Tingkatkan peluang kamu dengan berkas pendukung; surat rekomendasi, sertifikat hafalan Al-Qur’an/daurah/kursus/tes bahasa, dll.

Berikut hal penting untuk kamu yang belum bisa bahasa Arab, namun ingin menuntut ilmu di kota suci Madinah. Semoga bermanfaat.

Kamu punya impian kuliah di Madinah?

Ambil layanan Murosalah dari Buldantour, kami bantu dari awal sampai tuntas!

Open chat
1
Ada pertanyaan?
Hubungi kami via whatsapp..
Klik tombol ini 2x